Frequently Asked Questions
1. Bagaimana Pendaftaran Penulis (Author) di SINTA?

Pendaftaran Penulis (Author) pada Portal Science and Technology Index (SINTA) ada 3 (tiga) tahapan yaitu : (1) registrasi, (2) verifikasi/verified dan (3) sinkronisasi

1. Registrasi

Registrasi dilakukan oleh pendaftar dengan kelengkapan utama/primer meliputi: NAMA, NIDN (bila dosen), Afiliasi Perguruan Tinggi, ID Google Scholar (GS) dan Surat Elektronik (Surel/email). Tentu direkomendasikan untuk mengisi data lainnya dengan lengkap. Pada bagian akhir proses registrasi, Sinta akan mengirim surel. Pendaftar membuka surel, klik tautan/link yang ada di surel, sehingga surel menjadi terverifikasi (pendaftar dapat melakukan login memakai alamat surel dan password). Jika tahapan registrasi ini belum tuntas, mohon tunggu waktu beberapa saat, lakukan daftar ulang lagi sehingga surel menjadi terverifikasi.

2. Verifikasi

Tim Verifikator di RistekDikti melakukan pemeriksaan NAMA, NIDN, memeriksa artikel pada GS dan validasi Surel, jika semuanya valid, maka verifikator akan membuat status menjadi VERIFIED. Pada tahap verified ini ID GS tidak dapat diubah lagi oleh pendaftar. Perubahan ID GS hanya dapat dilakukan oleh Tim Sinta.

3. Sinkronisasi

Sinkronisasi adalah proses menyalin artikel atau publikasi yang ada di GS (yang semuanya valid), dan jika ada juga akan menyalin dari Scopus ke dalam database Sinta. Sinkronisasi oleh Tim Verifikator akan membuat SCORE menjadi tidak nol lagi, dan nama penulis akan muncul atau masuk ke dalam daftar afiliasi atau perguruan tinggi masing-masing. Tim Verifikator melakukan sinkronisasi apabila semua artikel yang terdapat dalam GS semuanya valid. Bila ada satu atau lebih publikasi yang tak valid, misal Verifikator tidak menemukan nama penulis di publikasi, maka sinkronisasi tidak akan dilakukan oleh verifikator (SCORE di Sinta tetap nol).


2. Bagaimana Jurnal dapat Terindeks di Sinta dan Bagaimana Penilaiannya?

Jurnal yang akan terindeks di SINTA harus melalui proses berikut:

1. Jurnal yang akan masuk ke SINTA harus mendaftarkan melalui portal ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) dengan alamat url: http://arjuna.ristekdikti.go.id/.

2. Subdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti akan menugaskan Asesor Akreditasi yang terdiri dari penilai konten dan penilai manajemen untuk menilai jurnal yang masuk ke Arjuna. Instrumen penilaian akreditasi berdasarkan pada Permenristekdikti Nomor 9 tahun 2018 dan Perdirjen Risbang no 19 tahun 2018 yang memberikan peringkat 1 sampai 6, dan diakronimkan sebagai Sinta 1 sampai 6.

Kategori Jurnal Keterangan
Sinta 1 Terakreditasi Peringkat 1 (Satu), dengan nilai akreditasi 85 ≤ n ≤ 100
Sinta 2 Terakreditasi Peringkat 2 (Dua), dengan nilai akreditasi 70 ≤ n < 85
Sinta 3 Terakreditasi Peringkat 3 (Tiga), dengan nilai akreditasi 60 ≤ n < 70
Sinta 4 Terakreditasi Peringkat 4 (Empat), dengan nilai akreditasi 50 ≤ n < 60
Sinta 5 Terakreditasi Peringkat 5 (Lima), dengan nilai akreditasi 40 ≤ n < 50
Sinta 6 Terakreditasi Peringkat 6 (Enam), dengan nilai akreditasi 30 ≤ n < 40

3. Jurnal yang telah dikategorikan berdasarkan Sinta 1 sampai Sinta 6  akan dilakukan pemeringkatan berdasarkan jumlah sitasi dan h-indeks dari Google Scholar yang telah dibuat oleh masing-masing jurnal setelah dilakukan verifikasi.

4. Proses Akreditasi dan Evaluasi Jurnal dilakukan berdasarkan waktu pendaftaran dan penetapan yang dilakukan oleh Direktur Pengelolaaan Kekayaan Intelektual.

5. Jurnal yang sudah mendaftar ke Arjuna dan belum masuk di Sinta diharapkan dapat menunggu periode akreditasi atau evaluasi selesai, dan tidak meminta untuk didaftarkan melalui ke helpdesk Sinta.


3. Bagaimana Sinta Score dihitung?
Berikut komponen perhitungan dan formula perhitungan Sinta Score:

SINTA Score v.1:
Catatan: Perangkingan di halaman SINTA sudah menggunakan SINTA Score v.2
Komponen Penilaian Kode Bobot Penilaian (bukan persentase)
Jumlah Dokumen Artikel di Scopus A 40
Jumlah Dokumen Non-Artikel di Scopus B 15
Jumlah Sitasi di Google Scholar C 1
Jumlah Sitasi di Scopus D 4
Formula Sinta Score: ( ( A x 40 ) + ( B x 15 ) + ( C x 1 ) + ( D x 4 ) ) / Pembagi
Pembagi adalah sebuah angka hasil dari perhitungan statistik yang mempertimbangkan maksimum Sinta Score Personal/Dosen/Peneliti Tertinggi.

SINTA Score v.2:
Author Score:
Komponen Penilaian Kode Bobot Penilaian (W) Disclaimer
Jumlah Dokumen Artikel Jurnal di Scopus A Q1=40
Q2=40
Q3=35
Q4=30
No-Q=30
Misconduct
Jumlah Dokumen Non-Jurnal di Scopus B 15 Misconduct
Jumlah Sitasi di Scopus C 4 Self Citation
Jumlah Sitasi di Google Scholar D 0.5 Self Citation
Jumlah Artikel di Jurnal Sinta (S1-S6) E S1=25 (non Scopus)
S2=25
S3=20
S4=20
S5=15
S6=15
 
Formula Sinta Score: WA * A + WB * B + WC * C + WD * D + WE * E
Catatan : Cut off 1000 sitasi GS jika >1000 maka dianggap 1000 sitasi.


Affiliation Score:
Komponen Penilaian Kode Bobot Penilaian (W) Disclaimer
Jumlah Dokumen Artikel Jurnal di Scopus A Q1=40
Q2=40
Q3=35
Q4=30
No-Q=30
Misconduct/Ketidakpatutan
Jumlah Dokumen Non-Jurnal di Scopus B 15 Misconduct/Ketidakpatutan
Jumlah Sitasi di Scopus C 4 Self Citation
Jumlah Sitasi di Google Scholar D 0.5 Self Citation
Jumlah Artikel di Jurnal Sinta (S1-S6) E S1=25
S2=25
S3=20
S4=20
S5=15
S6=15
 
Jumlah Jurnal Terakreditasi (S1-S6) E S1=40
S2=25
S3-S6=15
 
Formula Sinta Score: WA * A + WB * B + WC * C + WD * D + WE * E
Catatan : Cut off 1000 sitasi GS jika >1000 maka dianggap 1000 sitasi (per artikel).


Faktor Dampak Jurnal:
Faktor Dampak Jurnal adalah pengukuran terhadap banyaknya sitasi pada 3 tahun terakhir dibagi dengan banyaknya publikasi pada 3 tahun terakhir berdasarkan data sitasi pada Profil Google Scholar Jurnal bersangkutan.
Faktor Dampak jurnal dihitung dengan:
impact

4. Siapakah yang dimaksud Tim Sinta RistekDikti?
Tim Sinta adalah beberapa personil yang ditugaskan untuk menjadi verifikator, mengelola helpdesk dan pengembang web/aplikasi SINTA.

5. Saya baru saja melakukan registasi di Web Sinta. Apa yang harus dilakukan?
Mohon menunggu untuk dilakukan verifikasi dan sinkronisasi secara manual oleh Tim Sinta RistekDikti.

6. Mengapa Tim Sinta RistekDikti belum melakukan verifikasi?
Antara lain disebabkan banyaknya antrian pendaftar lain yang juga menunggu untuk dilakukan verifikasi. Mohon sabar menunggu.

7. Apakah HelpDesk dapat mengabaikan atau tak memberi respon kiriman surel tertentu?
Bila pengiriman surel tidak mengikuti petunjuk pengiriman surel, sehingga HelpDesk kesulitan memberikan respon yang akurat dan secara cepat, maka surel tertentu dapat tidak direspon. Jika setelah lebih beberapa hari surel tak ada respon. Silakan reply ulang surel yang dikirim sebelumnya dengan tambahan isi informasi lebih detail/jelas.

8. Apakah HelpDesk memiliki nomor telepon?
Saat ini interaksi diupayakan melalui surel supaya tercatat dan terstruktur alurnya. Ada personil di Tim Sinta memiliki nomor telepon selular, hanya saja kontak ke nomor personil tersebut sifatnya darurat. Abaikan bila ada telepon yang mengaku Tim Sinta dan meminta password akses ke SINTA atau password akses email.

9. Data atau registrasi saya sebelumnya sudah ada di SINTA. Mengapa beberapa waktu kemudian data saya tak muncul lagi?
Tim Sinta memiliki wewenang untuk melakukan eliminasi data, alasannya antara lain:
  • Perlu dilakukan penghapusan karena salah NIDN, salah NAMA dan kesalahan lainnya yang mendasar
  • Ada data ganda
  • Ada proses verifikasi dan ditemukan data tertentu tidak akurat
  • Sebab lainnya
Terhadap kejadian eliminasi data ini, silakan lakukan registrasi ulang, lalu kirim surel ke HelpDesk berisi informasi bahwa data tereliminasi dan sudah dilakukan daftar ulang. Jangan lupa di surel untuk selalu menuliskan (ulang) nama lengkap dan NIDN.

10. Saya memiliki surel institusi @namaPT.ac.id dan surel lain di @gmail.com. Manakah sebaiknya surel yang dipakai?
Disarankan/sebaiknya untuk memakai surel @namaPT.ac.id. Namun pada kondisi tertentu dapat juga memakai surel @gmail.com atau lainnya.

11. Di perguruan tinggi kami, beberapa rekan dosen lain mengalami beberapa masalah di SINTA. Bagaimana caranya agar beberapa masalah ini dapat diselesaikan dengan bersamaan?
Silakan dilakukan koordinasi oleh Ketua LPPM, oleh Direktur Teknologi Informasi atau Personil lain yang ditunjuk untuk melakukan inventarisir masalah, sertakan juga nama lengkap + NIDN yang mengalami masalah.

12. Saya sudah daftar dengan lengkap dan surel sudah benar. Mengapa tidak ada kiriman surel dari Web SINTA untuk aktivasi surel?
Ada kemungkinan surel dari Web SINTA masuk ke folder SPAM. Mohon diperiksa lebih dulu. Jika tidak ada, lakukan mekanisme pengiriman ulang surel aktivasi melalui tautan: http://sinta2.ristekdikti.go.id/author/?mod=resendactivation

13. Saya lupa password untuk login ke Web SINTA. Apa yang harus dilakukan?
Lakukan mekanisme Reset Password melalui tautan http://sinta2.ristekdikti.go.id/author/?mod=resetpassform

14. Bagaimana cara mengubah Profil Google Scholar menjadi public?
Pendaftar harus lakukan login di GS, lalu lakukan klik ceklis [ x ] Google Sholar public atau [ x ] Profil Scholar untuk umum. Cara memastikan Profil GS sudah publik antara lain dengan meminta orang lain membuka link GS di komputer yang berbeda, jika di komputer yang berbeda dapat melihat daftar publikasi di GS, kemungkinan besar profil sudah publik.

15. Bagaimana cara memasang foto sehingga tampil di SINTA?
Pendaftar harus lakukan login di GS, lalu lakukan pemasangan atau penggantian foto. Saat proses sinkronisasi oleh Tim Sinta, foto ini akan dipakai oleh Web SINTA.

16. Saat melihat daftar penulis di SINTA terlihat foto milik saya pribadi (seolah) dipakai oleh orang lain. Mengapa ini terjadi?
Foto diri sendiri tampil di profil orang lain antara lain karena ada cache foto dari Google Scholar. Silakan lakukan logout dari Google Scholar lalu lihat ulang daftar penulis di SINTA. Hal ini hanya berlaku atau tampil di komputer lokal saja, di komputer lain profil foto kosong.

17. Saya sudah mengirim surel ke HelpDesk SINTA. Selanjutnya apa yang harus dilakukan?
Tunggu sampai Tim Sinta melakukan tindakan yang terkait. Jika setelah beberapa hari belum ada respon. Lakukan login ke Web SINTA, lihat apakah data sudah berubah atau tetap, mungkin saja Personil Tim Sinta yang lain sudah melakukan tindakan. Jika tak ada perubahan, selanjutnya dapat Reply ulang surel yang sebelumnya dikirim agar HelpDesk mencermati surel yang diulang ini. Jangan lupa di surel untuk selalu menuliskan (ulang) nama lengkap dan NIDN

18. Saya sudah mengirim surel ke HelpDesk SINTA. Selanjutnya apa yang harus dilakukan?
Tunggu sampai Tim Sinta melakukan tindakan yang terkait. Jika setelah beberapa hari belum ada respon. Lakukan login ke Web SINTA, lihat apakah data sudah berubah atau tetap, mungkin saja Personil Tim Sinta yang lain sudah melakukan tindakan. Jika tak ada perubahan, selanjutnya dapat Reply ulang surel yang sebelumnya dikirim agar HelpDesk mencermati surel yang diulang ini. Jangan lupa di surel untuk selalu menuliskan (ulang) nama lengkap dan NIDN

19. Web SINTA atau Tim Sinta memberi informasi harus dilakukan perbaikan data. Setelah saya melakukan perbaikan data, apa yang harus dilakukan?
Kirim surel ke HelpDesk bahwa telah dilakukan perbaikan, sehingga Tim Sinta dapat melakukan tahapan selanjutnya. Jangan lupa di setiap surel untuk selalu menuliskan nama lengkap dan NIDN

20. Saya salah menuliskan NIDN. Apa yang harus dilakukan?
Abaikan pendaftaran dengan NIDN yang salah tersebut, lalu lakukan daftar ulang dengan NIDN yang benar. Setelah itu laporkan via surel ke HelpDesk SINTA untuk melakukan penghapusan akun yang salah NIDN tersebut. Jangan lupa di surel untuk selalu menuliskan nama lengkap dan NIDN.

21. Saya salah menuliskan Nama. Apa yang harus dilakukan?
Kirim surel ke hdsinta@ristekdikti.go.id tuliskan bahwa telah salah menulis nama. Selanjutnya Tim Sinta akan menghapus pendaftaran yang salah nama tersebut. Setelah Tim Sinta melakukan penghapusan, lakukan daftar ulang. Selanjutnya kirim kembali surel bahwa telah dilakukan daftar ulang, jangan lupa di surel untuk selalu menuliskan nama lengkap dan NIDN.

22. Verifikator menyatakan ada satu atau beberapa publikasi di GS tak valid atau tak tertera nama penulis. Apa yang harus dilakukan?
Lakukan login ke GS lalu pastikan pada setiap publikasi tertera nama sebagai penulis. Silakan juga lakukan konfirmasi, misalnya GS mencatat nama penulis Kevin Yulio ditulis hanya KY (saja). Jika tak dapat melakukan konfirmasi atau perbaikan, hapus publikasi yang tak valid atau tak tertera nama penulis tersebut. Jangan lupa di surel untuk selalu menuliskan nama lengkap dan NIDN.

23. Verifikator menyatakan ID Scopus tidak valid. Apa yang harus dilakukan?
Perbaiki ID Scopus tersebut. ID Scopus memiliki panjang 10 sampai 11 digit angka.

24. Mengapa skor IPI dan INASTI masih nol?
Saat ini sinkronisasi ke database SINTA baru tersedia untuk GS dan Scopus. Untuk IPI dan INASTI masih dalam pengembangan, dan belum tersedia fitur untuk sinkronisasi IPI dan INASTI.

25. Mengapa Tim Sinta belum melakukan sinkronisasi?
Tim Sinta sedang melakukan verifikasi antrian pendaftar yang lain, atau Tim Sinta menunda verifikasi karena ada satu atau lebih publikasi yang tak valid.

26. Saya sudah mengisi afiliasi atau perguruan tinggi dengan benar. Mengapa nama saya belum masuk ke afiliasi atau perguruan tinggi tersebut?
Nama pendaftar belum masuk ke afiliasi atau perguruan tinggi antara lain karena SCORE masih nol (Tim Sinta belum melakukan sinkronisasi data).

27. Saat melakukan registrasi, nama perguruan tinggi atau afiliasi belum ada. Bagaimana caranya nama perguruan tinggi atau afiliasi muncul di Sinta?
Silakan kirim surel, lalu tulis nama perguruan tinggi atau afiliasi, nanti Super Admin Sinta akan membuatkan afiliasi.

28. Publikasi milik saya yang ada di GS dan Scopus jumlahnya sudah bertambah. Mengapa di SINTA jumlahnya tetap saja?
Silakan kirim surel, lalu tulis nama perguruan tinggi atau afiliasi, nanti Super Admin Sinta akan membuatkan afiliasi.

29. Publikasi milik saya yang ada di GS dan Scopus sudah bertambah cukup banyak. Apa yang harus saya lakukan?
Pendaftar di Sinta dapat meminta dilakukan sinkronisasi ulang agar dilakukan pembaruan data. Harap sebutkan jumlah artikel atau sitasi yang lama dan jumlah artikel atau sitasi yang baru. Jika terjadi perubahan data yang signifikan, Tim Sinta akan melakukan prioritas lebih tinggi untuk melakukan sinkronisasi ulang. Jangan lupa di surel untuk selalu menuliskan nama lengkap dan NIDN.

30. Mengapa jawaban HelpDesk SINTA ringkas-ringkas saja?
Mengingat harus cepat memberikan respon, maka jawaban HelpDesk SINTA melalui surel dibuat seringkas mungkin, sehingga dapat segera menyelesaikan masalah dan menjawab surel lainnya.

31. Saya sudah mendaftarkan jurnal di Arjuna namun belum muncul di Sinta?
Jurnal belum muncul di Sinta karena belum ditetapkan akreditasi maupun keluar hasil penilaian evaluasi jadi jurnal dapat menunggu sampai periode akreditasi selesai.

32. Jurnal Saya sudah ada di Sinta tapi belum muncul sitasi dan pemeringkatan saya di bawah?
Jurnal belum menyerahkan alamat url google scholar atau belum disinkronisasi, masalah tersebut dapat diatasi dengan mengirim surel ke HD Sinta.

33. Jurnal saya sudah ada di Sinta 5, bisakah saya mengajukan akreditasi dan langsung mendapat Sinta 1 atau Sinta 2?
Jurnal dari sinta 3 sampai sinta 6 dapat langsung menjadi sinta 1 dan 2 setelah terakreditasi dan memperoleh nilai di atas 70.

34. Quartile Scopus yang tertera di Scimagojr dan di Sinta berbeda?
Quartile di Sinta Berdasarkan data Quartile yang dikeluarkan oleh Scopus Langsung. Data Quartile bisa dicek pada Check Quartile Scopus

More Detailed Question?

Please contact SINTA's Help Desk by email: hdsinta@ristekdikti.go.id
Responsive image
Get more detailed information with SINTA Insight